+ -

Pages

Thursday, May 29, 2014

[beasiswa] Re: [butuh info] ada LOA tapi gagal seleksi administrasi LPDP

 

Rekan-rekan sekalian khususnya yang telah, sedang atau akan melamar beasiswa LPDP,

Alhamdulillah saya dapat "bocoran" dari salah seorang kolega yang juga reviewer beasiswa LPDP untuk skema luar negeri. Saat ini untuk batch tiga, panitia "kebanjiran" aplikasi yang tembus angka 26ribu (dua puluh enam ribu) pelamar. Jika angka tersebut akurat maka adalah wajar timbul konsekuensi-konsekuensi logis.

Pertama, animo tinggi sementara sumber daya terbatas maka akan terjadi antrian yang panjang mulai dari seleksi administratif hingga pengumuman yang diterima maupun ditolak. Selain itu harap bersabar menunggu pengumuman, boleh jadi bukan karena tidak perhatian tapi yang ingin bertanya juga banyak.

Kedua, logis pula jika panitia kesulitan menyeleksi mana yang layak diberi beasiswa mana yang tidak. Langkah berikutnya menaikkan ambang kualifikasi minimum yang didanai agar benar-benar yang terbaik terpilih dari ribuan pelamar.

Saran : Hendaknya sudah meninggalkan dan menanggalkan tabiat dan sifat "ah kurang sedikit aja kok, masak gak diterima" atau "sudah punya LoA jaminan diterima beasiswa". Contoh, kalau persyaratan tercantum TOEFL 550, sebaiknya minimal anda memiliki TOEFL diatas 600 agar ketika reviewer terkesima. Tentunya ini berlaku bukan untuk TOEFL saja tapi setiap titik persyaratan yang diminta.
Pilihlah universitas yang memang disyaratkan oleh LPDP, kalau perlu sasaran awal adalah universitas yang masuk TOP 50 untuk Presidential Scholarship. Kalaupun gagal, anda gagal dengan upaya terbaik dan maksimal.
Kegagalan ini bukan berarti akhir dari segalanya. Justru merupakan awal dari usaha baru dengan semangat baru. Masih banyak beasiswa selain LPDP yang mungkin berjodoh. Bila usaha sebelumnya (yang gagal tersebut) maksimum, maka mungkin sekali berkas tersebut cocok di skema beasiswa lainnya.

Persiapkan sebaik mungkin dan sedini mungkin dengan mencari info sebanyak-banyaknya. Minimal anda bisa mulai dengan menggunakan google dengan memasukkan kata kunci yg tepat.

Semoga ada manfaatnya dan sukses selalu.
Dhany Arifianto
Hitachi Fellow
Moderator milis beasiswa

__._,_.___

Posted by: dhanyarifianto@yahoo.com
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (6)
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com

.

__,_._,___
5 Forum Beasiswa: [beasiswa] Re: [butuh info] ada LOA tapi gagal seleksi administrasi LPDP   Rekan-rekan sekalian khususnya yang telah, sedang atau akan melamar beasiswa LPDP, Alhamdulill...
< >