+ -

Pages

Thursday, January 26, 2012

[beasiswa] Re: "[BUTUH INFO] Ingin Menjadi Dosen tetapi Jurusan S1 dgn S2 Tidak

 

Rekan-rekan milis beasiswa,

Saya Halim Budi Santoso. Saya ikutan nimbrung nanya kepada teman - teman semua. Saya berdomisili di Yogyakarta. Saya sudah selesai pendidikan S2 saya. S1 saya jurusan Teknik Informatika, dan S2 saya jurusan Business Administration. Saya tertarik sekali untuk menjadi dosen, terutama dosen di bidang Financial Management, karena spesialisasi S2 saya di bidang Finance and Investment.

Saya sudah pernah mengajukan lamaran ke beberapa universitas swasta di Yogyakarta, tapi belum ada tanggapan sama sekali. Ketika saya berkonsultasi dengan dosen saya di UKDW (Kebetulan saya almamater sana untuk S1nya), beliau bilang kalo memang saya tidak linier.
Yang mau saya tanyakan :
1. Sebaiknya saya tetap mencoba untuk mendaftar dosen di bidang S2 saya atau saya kuliah S2 lagi untuk me-linierkan program studi saya?
2. Hal apa saja yang harus saya pertimbangkan waktu membuat surat lamaran dosen?
3. Adakah info lowongan dosen di Yogyakarta untuk Fakultas Bisnis dan Ekonomi? Terutama di bidang finance. (Maaf agak OOT sedikit, siapa tahu rekan2 memiliki info lowongan dosen di Yogyakarta).

Terima kasih sebelumnya atas bantuannya. All the best for you and beasiswa milis member.

Regards,

Halim Budi Santoso

--- In beasiswa@yahoogroups.com, "Ref" <ref_mone@...> wrote:
>
> Ini share pengalaman pribadi:
> Saya dosen UIdengan status non pns. S1 saya manajemen dengan konsentrasi manajemen sdm, dan S2 saya psikologi terapan sdm.
> Beberapa tahun lalu saya daftar seleksi PNS dan sampai tahap wawancara. Pada akhirnya saya gagal; dari informasi yang saya dapatkan karena Departemen khawatir S2 saya tidak linear.
> Berikutnya saya mengambil MBA (harusnya sudah linear ya) dan tahun lalu daftar seleksi PNS lagi, sampai wawancara lagi, and again...gagal lagi..hehe (kesimpulannya saya tidak diterima bukan karena linear atau tidak).
> Tahun lalu juga kebetulan program studi kami dikunjungi oleh orang Dikti untuk akreditasi. Dalam kesempatan tersebut, mereka 'mempertanyakan' beberapa dosen kami yang tidak linear. Dalam hal ini mereka melihat gelar/ijazah.
> Padahal menurut saya linearity seharusnya dilihat dari bidang keilmuan; sebagai contoh manajemen banyak sekali menerima kontribusi dari cabang ilmu lain seperti psikologi, sosiologi, komunikasi dsb. Malah seharusnya bagus bila kita juga memahami bidang ilmu lain selama itu terkait dengan keahlian kita.
> Kesimpulannya, silakan memperhatikan persyaratan administrasi dari Dikti tanpa harus mengorbankan interest dan bidang keahlian kita.
>
> Best,
> Mone Stepanus
>
> --- In beasiswa@yahoogroups.com, frangky fritsgerald <fritsgerald@> wrote:
> >
> > mungkin saya bisa bantu memberikan informasi.
> >
> > mengenai masalah yang dihadapi teman-teman tentang linier atau tidak, patokannya dimana, dan apakah ada pengaruhnya?.
> >
> > memang sekarang ini, diharuskan seseorang jika ingin menjadi dosen maka lebih baik harus linier. karena akan menunjang karir dan sertifikasinya. akan tetapi, linier atau tidak sebenarnya dinilai dari kompetensi yang kita miliki, misal seseorang memiliki sarjana s1 adalah pertanian, dan s2nya adalah manajemen ekonomi. apakah itu tidak linier?. tergantung pada saat s2nya tersebut konsentrasinya mengarah kemana, misal yang di dalami adalah "kajian mengenai perusahaan pengelolaan sawit, or masih ada hubungannya dengan s1 maka dapat dikatakan linier, demikian pula saat dia memenuhi syarat untuk perolehan derajat s3 ada hubungannya gak dengan s1 dan s2.
> >
> >
> > setahu saya, pihak DIKTI dalam pemberian sertifikasi dosen, banyak faktor yang dinilai, salah satunya adalah data diri, dan publikasi. yang di dalamnya ada uraian mengenai kompetensi kita, jika ada hubungan mulai dari s1 - s3, maka di kategorikan linier. demikian juga dengan publikasi-publikasi yang diterbitkan apakah sudah terwakili kompetensi kita, semuanya itu akan dinilai.
> >
> >
> >
> > salam hangat
> > fritsgerald
> >
>

__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___
5 Forum Beasiswa: [beasiswa] Re: "[BUTUH INFO] Ingin Menjadi Dosen tetapi Jurusan S1 dgn S2 Tidak   Rekan-rekan milis beasiswa, Saya Halim Budi Santoso. Saya ikutan nimbrung nanya kepada teman - teman s...
< >