+ -

Pages

Thursday, March 7, 2013

[beasiswa] Re: (butuh info) mengenai jurusan Planology/urban and regional planning studies

 

Hi Rani

Seperti lazim nya ilmu2 lain, planologi jg bukan sebuah ilmu yg berdiri sendiri. Planologi terdiri dari banyak irisan (overlap) dengan ilmu2 terapan (applied) lainnya seperti geography, arsitektur, ekonomi, sosiologi. Irisan mana yg terbesar, sangat tergantung school nya menyandarkan kebijakan pendidikannya ke arah mana. Setau saya kebanyakan di Eropa, urban and regional planning lebih banyak masuk ke fakultas science and environment. Tapi seperti di itb, dia masuk nya bersama2 dengan arsitektur dan kebijakan publik.

Di planologi sendiri, akan ada tiga mainstream bidang studi khusus yg bisa di dalami yaitu, perencanaan perkotaan (urban planning), perencanaan wilayah (regional/rural planning), dan transportasi. Untuk urban planning, topik2nya diverse ya ranging from perencanaan infrastruktur perkotaan, landscape design, permodelan perkotaan dst. Intinya lebih mengarah ke objects di perkotaan. Perencanaan wilayah, lebih mengarah kurang lebih sama dengan perkotaan, tp --setau saya-- lebih meng-arah ke ekonomi dan sosial, seperti contohnya peningkatan perekonomian suatu wilayah di sektor pertanian/industri. Sedangkan transportasi, tentu saja yg paling utama bagaimana menjamin pergerakan orang dan barang selancar2nya dari dan ke arah suatu pusat kegiatan. Di luar 3 topik2 utama tersebut masih banyak yg bisa di dalami, saya sebutkan saja mata kuliah2 yg menurut saya menarik ya.

1. Analisis lokasi (bisa industri, komersial, perumahan)
2. analisis infrastruktur.
3. perencanaan tapak (site planning)
4. analisa lingkungan
5. spatial information system
6. sistem transportasi
7. perencanaan partipatif (participatory planning)
8. dst

Untuk mencari sekolah planologi di LN, kata kunci urban and regional planning biasanya masih terlalu general. Semisal di Belgia di Univ Leuven, jurusan tersebut di wadai oleh yg namanya "human settlement". Di OZ UQ (Univ of Queensland), di wadahi oleh school of geography, planning, di Wageningen, setau saya di bawahi school of environment, di delft beda lagi, di UK UCL ada yg namanya Centre of advance spatial analys (khusus utk GIS Geographical Information system), di US beda2 lagi. Jadi, silakan lebih di spesifikan lagi kata kunci nya. kalau Rani sebutkan tertarik di urban/regional planning, silakan tertariknya di bagian mana? misalnya dengan contoh. Saya beri contoh beberapa alumni/senior saya yg sedang study di bidang urban and regional planning dengan spektrum riset yg luar biasa lebar.

1. saya riset tentang urban modeling dengan geostatistik and agent based modeling
2. kawan saya di chiba tokyo riset ttg perencanaan perkotaan yg ramah dengan anak/children.
3. kawan saya dari groningen di NL, studi ttg peran institusi di peri-urban (wilayah antara urban dan rural)
4. kawan saya dari jepang, study ttg disaster management.
5. dari UCL UK, study ttg ekonomi wilayah di asia pacific
6. dan masih banyak lagi lengkapnya di http://plitb-abroad.blogspot.com.au/
7. atau kalau suka dengan GIS http://danmajka.com/portfolio

Semoga membantu.

--- In beasiswa@yahoogroups.com, Rani Sary <vanilla_latte80@...> wrote:
>
> Dear teman - teman Beasiswa semuanya, selamat siang.
>
> Saya hendak menanyakan mengenai info jurusan. 
>
> Saat ini saya sedang bekerja di proyek salah satu kementerian di Indonesia, dan beberapa dari rekan kerja saya berasal dari jurusan Planologi. Karena penasaran, saya search di internet dan menemukan bahwa jurusan ini ternyata berguna dan membawa manfaat untuk kedepannya.
>
> Yang membuat saya penasaran, sepertinya kalo search di google dengan keyword Planology ko yang keluar lain ya? dan apakah jurusan ini sama dengan Urban and Regional Planning kalau untuk major di LN?
>
> Mungkin ada teman - teman yang tahu mengenai apakah Planology dan Urban and Regional Planning itu sama, dan apakah ada rekomendasi sekolah di LN yang bagus untuk jurusan tersebut (Planology/urban and regional planning)?
>
> Untuk infonya terimakasih ya
>  
>
> Best Regards,
>
> Ranie Ismidiana Sary
>

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (3)
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___
5 Forum Beasiswa: [beasiswa] Re: (butuh info) mengenai jurusan Planology/urban and regional planning studies   Hi Rani Seperti lazim nya ilmu2 lain, planologi jg bukan sebuah ilmu yg berdiri sendiri. P...
< >