+ -

Pages

Thursday, March 7, 2013

[beasiswa] Re: [butuh info] beasiswa ke harvard USA

 

Halo Mas Jonny,

Terima kasih untuk referensinya, saya sudah kontak dengan Chris. Barangkali saya share saja di sini, siapa tahu bermanfaat buat yang lain juga.

Kebetulan pengalaman saya mirip dengan Chris, saya diterima, awalnya, tanpa ada beasiswa. Yang pertama saya hubungi adalah kampus HSPH, karena proses admission memang terpisah dari proses financial aid, dan mengetahui kalau saya mendapatkan beasiswa untuk tuition/fee (Harvard Presidential Scholarship). Tapi itu masih kurang karena saya memang tidak punya uang buat biaya hidup dll (dan program saya 5 tahun!). Jadi saya tetap apply untuk financial aid yang memang aplikasinya hanya dibuka setelah admission dan menghubungi ke departemen untuk mencari funding tambahan. Selain itu saya menghubungi Aminef dan, kalau tidak salah, Ford Foundation, yang waktu itu masih memberikan beasiswa (ini di tahun 2009).

Sayangnya saya tidak bisa dapat Fulbright untuk dua gelar, karena memang waktu itu saya masih jadi Fulbrighter di Atlanta untuk gelar master saya. Kemaruk juga kalau mau Fulbright lagi. Hehe. Dari Ford jg tidak bisa memberikan langsung, hanya menyarankan untuk apply untuk tahun berikutnya. Saya cuma bisa berterima kasih karena kalau saya defer mungkin Presidential Scholarshipnya tidak ikut defer, jadi kekurangan uangnya tahun depan malah bisa jadi lebih besar. Sayangnya departemen saya miskin, jadi tidak punya departmental funding, RA dan TA juga tidak ditawarkan untuk tahun pertama, tapi saya ditawari 'pre-approved international student loan'. Buat yang pernah ambil student loan, Anda mungkin tahu tawaran loan seperti ini bisa dibilang spesial dan mencerminkan kepercayaan bank terhadap lulusan kampus ybs, tapi saya tidak ambil juga. Rumah aja belum punya kok mau ngutang buat sekolah, PNS pula. Bisa-bisa madesu, hehehe.

Barangkali lesson learned-nya, sponsor beasiswa seperti Fulbright atau USAID sudah punya anggaran dan proses seleksi tahunan yang melarang mereka memberikan beasiswa 'at will', walaupun untuk kasus seperti Chris tidak ada salahnya bertanya. Student loan bisa selalu dipikirkan kalau memang untuk jangka panjang masuk akal, memperhitungkan kondisi ekonomi pribadi/keluarga. Student loan ini tidak mesti untuk membiayai keseluruhan biaya kuliah, bisa untuk menambal kekurangan yang ada saja. Jangan lupa cari departmental funding dalam bentuk TA atau RA (mungkin sulit untuk calon mahasiswa tingkat master di tahun pertama) dan financial aid dari kampus yang selalu ditawarkan terpisah dari proses admission. Setelah melalui proses yang tidak terlalu lama tapi sangat melelahkan, saya akhirnya mendapatkan stipend etc dari financial aid dari kampus tersebut. Sekarang sumber pendanaan financial aid tersebut adalah dari endowment filantropis, keluarga Paci, sehingga saya jadi 'the Paci family fellow'. Apapun artinya itu.

Saya ucapkan selamat buat Chris, semoga bisa ketemu jalan keluar terbaik dan kita bisa segera ketemu di kampus.

Salam,
Panji

--- In beasiswa@yahoogroups.com, jonny yulianto <jonny.yulianto@...> wrote:
>
> Jika saya tidak keliru, Mas Pandi Hadisoemarto juga sedang menyelesaikan jenjang doktoralnya di jurusan yang sama di Harvard. Beliau juga anggota grup milis ini. Saya rasa akan lebih akurat jika anda secara personal langsung menghubungi beliau sebagai orang Indonesia yang telah lebih dulu ada di jurusan yang sama di Harvard. Beliau pasti lebih tahu situasi dan konfigurasi beasiswa baik dari sumber eksternal dan terlebih internal..
>
> Silahkan kunjungi blog pribadi (http://panjifh.wordpress.com), atau facebook (https://www.facebook.com/panji.hadisoemarto).
>
> Selamat atas diterimanya anda di MPH Harvard..
>

__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (7)
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___
5 Forum Beasiswa: [beasiswa] Re: [butuh info] beasiswa ke harvard USA   Halo Mas Jonny, Terima kasih untuk referensinya, saya sudah kontak dengan Chris. Barangkal...
< >