+ -

Pages

Thursday, September 29, 2011

Re: [beasiswa] [butuh info] beasiswa fullbright

 

Dear Rifky,

Saya coba jawab yang saya tahu ya krn saya jg sudah ngincer fulbright dr SMA jdnya lumayan banyak cari info:
1. Gak ada syarat utk minimal kerja. Bbrp kawan saya ada yg fresh graduate dan mendapat beasiswa fulbright. Syarat fulbright hanya 6: gpa 3 atau lebih, toefl institutional 550 atau lebih, good leadership qualities, demonstrates commitmebt on the field of study, a good understanding on indonesian and american cultures, dan yg plg penting bersedia kembali ke tanah aor stlh menyelesaikan studi. Mgkn yg tricky itu bagian demonstrated commitment, tp itu bisa dibuktikan dgn pengalaman penelitian waktu kuliah, ikut lomba, dll. Nah beasiswa macem fulbright ini biasanya seneng ama mereka yg banyak berorganisasi dan prngabdian masyarakat. Ipk di atas 3 aja ckup asal aktif di organisasi apalagi kalau menjabat posisi yg bersifat elective. Fyi, seingat sya ada kenalan saya yg dpt fulbright dgn ipk di bawah 3 krn bbrp faktor yg membuatnya outstanding. Jd kesempatan itu sgt terbuka tergantung bagaimana kita menunjukkan bhw kita worth utk beasiswa itu.

2. Fulbright tidak menutup diri pd memverikan posisi yg kuat pd mereka yg ingin jd dosen. Fulbright-DIKTI mgkn iya. Fulbright dan beasiswa lainnya mencari org2 yang nantinya bs menjadi org2 berpengaruh, pemimpin di bidangnya masing2, entah dgn msk pemerintahan atau menjadi dosen. Krn itu di dlm study objective jelaskan secara rinci career plan kita dan bagaimana itu bs bermanfaat bg masyarakat luas, tdk hny pd sekelompok tertentu.

3. Tentu saja bisa. Saya rasa 2 subjek tersebut sgt terkait. Ada kasus jg di mana sarjana ilmu ekonomi mengajukan matematika sbg subjectnya dan diterima fulbright. Yg pntg dlm study objectove dijelaskan betul apa manfaatnya bagi disiplin ilmu kita sebelumnya. Dan jelaskan scr rinci hingga spesialisasi yg ingin diperoleh. Jangan berikan subjek yg vague spt engineering, tp spesifik spt civil engineering atau mechanical engineering. Lakukan riset ttg subjek itu, semakin spesifik semakin baik. Hal ini yg akan plg banyak dieksplor saat wawancara nanti, termasuk rencana riset.

Yah kira2 itulah yg saya tahu. Sukses terus moga2 cita2nya tercapai. Good luck!

Salam hangat,

Bagus Arya Wirapati
Pengajar Muda Gerakan Indonesia Mengajar
SDN 28 Pangkalan Nyirih


Sent from Yahoo! Mail on Android



From: Rifky Reynaldo <rifkyreynaldo@yahoo.com>;
To: beasiswa@yahoogroups.com <beasiswa@yahoogroups.com>;
Subject: [beasiswa] [butuh info] beasiswa fullbright
Sent: Tue, Sep 27, 2011 2:35:16 AM

 

hai para milister, saya punya pertanyaan nih seputar beasiswa fullbrgiht, salah satu syarat program tersebut saya dengar2 harus memiliki pengalaman kerja kurang lebih 2 tahun, yang menjadi pertanyaan:

1.bagaimana bila seorang freshgraduate s1 belum memiliki pengalaman kerja sama sekali ingin apply program fullbright master degree program dikarenakan orang tersebut direkomendasikan oleh ketua jurusan dari universitas taempat dia mengmbil s1 untuk menjadi dosen nantinya disana maka dari itu dia butuh title s2, apakah orang tersebut memiliki kesempatan untuk menjadi kandidat program tersebut?

2.apakah peluang fullbright master degree terbuka lebih besar untuk para kandidat yang di calonkan untuk menjadi dosen?

3.apakah bisa misalkan seseorang tersebut lulusan s1 fisika dan apply program fullbright master degree untuk jurusan engineering, misalkan jurusan engineeringnya itu seperti material and science engineering or system engineering?

mungkin hanya itu yang saya ingin tanyakan, karena setelah saya fikir2 saya bingung juga untuk mencari jawaban dari pertanyaan tersebut dengan logika saya, maka dari itu saya butuh pengalaman dan pendapat dari teman2 milister sekalian. thanks

__._,_.___
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
MARKETPLACE

Stay on top of your group activity without leaving the page you're on - Get the Yahoo! Toolbar now.

.

__,_._,___
5 Forum Beasiswa: Re: [beasiswa] [butuh info] beasiswa fullbright   Dear Rifky, Saya coba jawab yang saya tahu ya krn saya jg sudah ngincer fulbright dr SMA jdnya lumayan ...
< >