+ -

Pages

Friday, March 8, 2013

Re: [beasiswa] Re: [butuh info] LOA DAN STEP SELANJUTNYA

 



2013/3/8 wahyudi <agungwah@yahoo.com>
 

--- In beasiswa@yahoogroups.com, Oktiara Dwindah <oktiaradwindah@...> wrote:
>
> Selamat pagi teman2 laskar pencari beasiswa, ada yang ingin saya tanyakan,
> saya sudah mencari berbagai macam informasi langkah2 apa yg harus dilakukan
> ketika ingin mencari beasiswa
> yang membuat saya binggung adalah mengapa beberapa orang mendapatkan LOA
> dulu baru bisa melamar?
>
> artinya setelah kita mendapatkan LOA dari universitas yg kita inginkan,
> langkah selanjutnya adalah mencari beasiswanya.
> Yang saya binggung kan, apakah kita harus mencari beasiswa dulu atau LOA
> dulu, Apabila sudah mendapatkan LOA harus kemana kita meminta beasiswa? Ke
> universitas terkait ato kmn?
> mohon kiranya teman2 sudi membalas, krn sya tdk tahu hrus bertanya kepada
> siapa lg, saya sudah mencari di google namun kurang memuaskan, terima kasih.
>




iscab:
 
LoA itu Letter of Acceptance.

Saya beri gambaran. Dulu untuk mendapat LOA dari ITB, saya mengikuti UMPTN atau SPMB. Setelah lulus ujian tersebut saya dapat LoA dari ITB dan bisa kuliah S1 di Bandung. Kemudian saya pergi mendaftar di ITB dengan membawa LoA tersebut. Beberapa hari setelah pendaftaran, saya pergi ke gedung Rektorat. Saya mendaftar beasiswa.

Kemudian beberapa tahun kemudian, saya mengirim surat lamaran ke beberapa universitas di Jerman. Saya mendapat LoA usai lolos seleksi. Lalu saya mendaftar beasiswa DAAD, dengan melampirkan fotokopi LoA tersebut. Dalam surat lamaran, tertulis kalau saya diterima di universitas itu. Beberapa bulan kemudian saya kuliah S2 di Jerman dengan beasiswa DAAD.

Nah, teman-teman Indonesiaku yang S3 di Jerman, berkorespondensi dengan Profesor di Jerman. Mereka baku kirim email, chatting, Skype, dll juga mengirim riwayat hidup (CV). Tak berapa lama kemudian, mereka mendapat LoA dan bisa studi S3 di Jerman.


Mana yang duluan? LoA atau beasiswa?
Ada banyak contoh:
Pertama, Contoh di atas adalah LoA diperoleh terlebih dahulu daripada beasiswa.
Kedua, dulu ada beasiswa DAAD-Siemens. Di sini, LoA dan beasiswa diperoleh secara berbarengan, dengan mengirimkan berkas lamaran ke DAAD Jakarta.
Ketiga, dulu finalis dan pemenang olimpiade sains di Indonesia ditawari beasiswa. Mereka bisa kuliah di mana saja yang mereka mau. Ini contoh beasiswa mendahului LoA.


Salam,

Condro


__._,_.___
Reply via web post Reply to sender Reply to group Start a New Topic Messages in this topic (3)
Recent Activity:
INFO, TIPS BEASISWA, FAQ - ADS:
http://id-scholarships.blogspot.com/

===============================

INFO LOWONGAN DI BIDANG MIGAS:
http://www.lowongan-kerja.info/lowongan/oil-jobs/

===============================

INGIN KELUAR DARI MILIS BEASISWA?
Kirim email kosong ke beasiswa-unsubscribe@yahoogroups.com
.

__,_._,___
5 Forum Beasiswa: Re: [beasiswa] Re: [butuh info] LOA DAN STEP SELANJUTNYA   2013/3/8 wahyudi < agungwah@yahoo.com >   --- In beasiswa@yahoogroups.com , Oktiar...
< >